Jumat, 19 Juni 2020

Pasien 01 RL Kondisi Sehat, Tidak Ada Gejala, Akan Isolasi Mandiri

BeritaNias.Com,  Gunungsitoli - Pasien 01 RL yang sedang berada di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli kondisinya saat ini sehat tidak mengalami demam, batuk, sakit tenggorakan dan gejala-gejala klinis umumnya penderita covid 19.

Kabid pelayanan Dokter Hotman Purba mengatakan pihaknya telah meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Gunungsitoli agar Pasien 01 RL melanjutkan isolasi di rumah atau tempat lain yang ditunjuk dengan pengawasan dari dinas kesehatan. Hal ini sebutnya sesuai protap dari Kemenkes RI dimana jika pasien positif covid tidak ada gejala atau gejala ringan maka isolasi mandiri dapat dilakukan.

“Kecuali pasien ini menunjukkan gejala sedang seperti demam atau batuk hingga gejala berat seperti sesak napas, pasien wajib di isolasi di Rumah sakit, tapi ini pasiennya kan tanpa gejala artinya pasien baik-baik saja cuma ada virus di dalam tubuhnya”, papar Hotman, Jum’at (19/06/2020).

Ia juga menegaskan dengan memulangkan pasien agar melakukan isolasi mandiri di rumah maka rumah sakit terhindar dari fraud sengaja menahan pasien supaya dapat klaim dari penanganan pasien covid 19, padahal pasien tanpa gejala dan bisa isolasi mandiri.

“Ini sudah sesuai protap, kita tidak mau nanti ada anggapan pasien diisolasi di rumah sakit supaya bisa dapat klaim, padahal pasiennya tidak ada gejala, ini yang kita hindari betul”, tambah Hotman.

Dijelaskan pasien OTG jika isolasi mandiri wajib melaksanakan protokoler kesehatan secara ketat yakni berada di satu ruangan, tidak kemana-mana dan wajib mengenakan masker sepanjang hari. Jika masa 14 hari sudah dilewati maka pasien ini akan kembali diperiksa dengan alat TCM dan jika negative maka artinya pasien sembuh.

Saat ini dua warga lainnya yang hasil rapid testnya reaktif juga sedang menunggu hasil pemeriksaan TCM, pemeriksaan dilakukan sebanyak 2 kali. Pemeriksaan pertama negative dan hasil pemeriksaan kedua  segera keluar.

Sumber: RRI Gusit

Hot in week

Recent

Comments

Pengunjung Seminggu Terakhir

LOWONGAN PEKERJAAN

Dibutuhkan Wartawan BeritaNias.Com
Silahkan Email Lamaran Anda
CV Anda ke redaksi.

Email ke: kabarnias@gmail.com
item