Selasa, 26 Mei 2020

Polres Nisel Akan Selidiki Pernikahan Usia Dini di Aramo

BeritaNias.Com, Nias Selatan - Polres Nias Selatan (Nisel) akan segera melalukan penyelidikan terkait informasi adanya pernikahan dini di Kecamatan Aramo, Kabupaten Nisel yang kini hangat diperbincangkan di Medsos.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta SIK kepada wartawan melalui selulernya, Selasa (26/5/2020).

Kapolres mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan atas informasi yang beredar di Medsos terkait adanya pernikahan usia dini yang berlangsung di Desa Hilimejaya, Kecamatan Aramo, Kabupaten Nisel itu.

“Kami segera mungkin melakukan penyelidikan terkait informasi itu. Jika benar dan melanggar aturan, akan diproses secara hukum. Kita koordinasi dengan KPAI, kemudian hasil investigasi dari KPAI itulah yang kita tindaklanjuti,  tegasnya.

Menurutnya, masalah pernikahan anak di bawah umur itu fatal, karena ada Undang-Undang (UU)  yang mengatur yakni UU 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Tetapi kita lihat terlebih dahulu permasalahanya seperti apa, diselidiki dulu kenapa sampai terjadi pernikahan itu. Baru kita bisa proses,”  ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Kepulauan Nias, terutama Kabupaten Nias Selatan tengah dihebohkan dengan adanya pernikahan usia dini yang beredar di Medsos Facebook. Mempelai laki-laki diduga masih dibawah umur, sementara umur mempelai wanita cukup matang. Kejadian itu berlangsung di Desa Hilimejaya, Kecamatan Aramo, Senin (25/05/2020).

Salah satu pemilik akun facebook yang membagikan foto pernikahan itu, Sulunga’ami Laia yang dikonfirmasi melalui via chating messager, Selasa (26/05/2020) membenarkan kejadian tersebut.

“Laki-lakinya belum tamat SMP, kalau ceweknya sudah tamat SMA. Keduanya menikah atas perjodohan yang dilakukan oleh kedua orang tua mereka. “Mereka bukan pacaran, tapi dijodohkan oleh orang tua,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa laki-laki tersebut berasal dari Kecamatan Susua. Namun dia tidak mengetahui siapa nama dari laki-lakinya, sementara ceweknya berinisial EL Warga Desa Hilimejaya, Kecamatan Aramo, Kabupaten Nisel. (Red)

Hot in week

Recent

Comments

Pengunjung Seminggu Terakhir

LOWONGAN PEKERJAAN

Dibutuhkan Wartawan BeritaNias.Com
Silahkan Email Lamaran Anda
CV Anda ke redaksi.

Email ke: kabarnias@gmail.com
item