Selasa, 05 Desember 2023

YAKOPI Rehabilitasi & Restrukturisasi Manggrove di Pesisir Pantai Desa Hiliofonaluo


BeritaNias.Com. Nias Selatan - Rombongan YAKOPI beserta Perwakilan Donatur dari Negara Paman Sam (Amerika Serikat) melakukan monitoring Penanaman dan Pembibitan Manggrove/ Pohon Bakau di Posko Kelompok Tao'saroo' dan Kelompok Nelayan Pantai Fohili pesisir pantai Desa Hiliofonaluo Kec. Fanayama Kabupaten Nias Selatan, pada Selasa 5 Desember 2023.

Kegiatan monitoring ini disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Hiliofonaluo An. Felix J. Gee, Ketua Kelompok an. Julius Bawaulu beserta anggota kelompok dan Tokoh masyarakat/ Akademisi.


Rundown Kegiatan dimulai monitoring ditempat pesisir penanaman mangrove di Naregeho, Rafa - Rafa dan di Nuja dengan tranportasi Speed boat/ perahu milik warga lokal. Selanjutnya dilanjutkan dengan monitoring lokasi Pembibitan Mangrove di Desa Hiliofonaluo.

Pada selah acara kepala Desa Hiliofonaluo beserta Ketua kelompok Taosara'o menyampaikan bahwa kelompok Nelayan Pantai Fohili/ Kelompok Tao'sarao' akan membuka Tambak kepiting dan Tambak udang dan langsung disambut baik oleh Direktur YAKOPI (an. Elling Tuhono ) dengan menyampaikan kalau masyarakat semangat maka YAKOPI lebih semangat, silahkan diukur berapa meter panjang dan lebar rencana tambak itu dan diajukan proposal ke YAKOPI agar kita bantu.


Masyarakat Desa Hiliofonaluo menyambut baik rencana pembukaan tambak ini, serta mengapresiasi kepada kelompok Nelayan Pantai Fohili di Desa Hiliofonaluo dan kepada Yayasan Yakopi yang telah melakukan rehabilitasi dan restrukturisasi Mangrove/Bakau ini kembali, sehingga akan berdampak positif pada perlindungan ekosistem habitat laut, dapat  menahan laju risiko Sunami. Kelak warga berharap Bakau ini dapat dijadikan wisata Manggrove di kepulauan Nias


setelah selesai acara dilanjutkan dengan Sesi Foto bersama.



Pengunjung Seminggu Terakhir

LOWONGAN PEKERJAAN

Dibutuhkan Wartawan BeritaNias.Com
Silahkan Email Lamaran Anda
CV Anda ke redaksi.

Email ke: kabarnias@gmail.com
item