Akhir September, Kereta Api Mewah Layani Bandara Kualanamu

Kabar baik bagi pengguna jasa kereta api (KA) khusus angkutan menuju Bandara Kualanamu.  Akhir bulan ini, dua rangkaian kereta baru segera dioperasikan menuju bandara pengganti Bandara Polonia itu.
Dua rangkaian KA baru tersebut merupakan produksi Woojin Industrial System Co. Ltd, Korea Selatan, yang baru saja diterima pada 30 Agustus 2013 itu. Saat ini, sedang menjalani proses verifikasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Proses verifikasi wajib dilakukan sebelum sertifikat laik operasi dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku regulator. Verifikasi itu sendiri meliputi pengecekan terhadap setiap unit kereta dari sejumlah rangkaian yang tiba pada 30 Agustus 2013 tersebut, baik statis maupun dinamis. Mengingat proses verifikasi yang lumayan panjang karena harus dilakukan secara menyeluruh, Railinik kemungkinan baru dapat mengoperasikan satu rangkaian terlebih dahulu pada September ini,” ujar Direktur Utama PT Railink M.N Fadhila dalam keterangan pers yang diterima BeritaNias.com, Rabu (4/9/2013).

Sementara itu, kata dia, dua rangkaian KA lainnya yang diperkirakan diterima pada pertengahan bulan ini akan beroperasi pertengahan Oktober.
Armada KA yang baru ini berbeda dengan yang sementara ini dioperasikan. Empat set KA bernilai Rp 160 miliar tersebut selain baru, juga memiliki desain dan fitur yang mewah sehingga menjamin kenyamanan bagi pengguna jasa.
Meski armada baru dengan banyak fasilitas mewah, namun PT Railink tidak membebani penumpang dengan kenaikan tarif. Tarifnya, kata dia, tetap menggunakan tarif lama.
”Jadi, biarpun keretanya lebih baru, lebih modern, dan lebih mewah, dan lebih mahal, tarifnya masih pakai tarif lama, yaitu Rp 80 ribu. Kalau hitung-hitungan biaya operasional yang ideal, seharusnya besarannya lebih tinggi dari itu. Anggaplah saat ini harga diskon spesial PT Railink untuk pengguna jasa Bandara Kualanamu,” jelas dia.
KA baru tesrebut terdiri dari lima unit kereta penumpang per setnya. Dilengkapi televise, rak penyimpanan bagasi, toilet serta tempat duduk yang bisa diatur posisinya sesuai keinginan penumpang. Juga dilengkapi fasilitas pendingin ruangan dan, tentu saja, bebas dari kepulan asap rokok.
Bahkan, rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi dan kamera pengawas CCTV, termasuk stop kontak untuk men-charge telepon genggam dan sejenisnya.

Related

Nasional 7766389116202560581

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item