Kelulusan CPNS di Nias Utara Terdapat Kejanggalan

Beritaniascom, Nias Utara - Setelah mengalami beberapa kali penundaan pengumuman hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Nias Utara kini akhirnya sudah diketahui. Akan tetapi sejak pengumuman ini dikeluarkan kemarin sore, berbagai komentar menarik dan menjadi perhatian dari berbagai pihak baik pernyataan langsung dari peserta yang ikut test cpns maupun para warga berbagai media online. Miris sekali, perekrutan abdi negara ini yang sebelumnya dicurigai bisa “masuk angin” alias tidak murni kini beralih dengan berbagai tanggapan lain termasuk diantaranya menyesali atau “keberatan” terhadap hasil test CPNS 2013 karena hampir setengahnya yang lulus bukan putra-putri daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas berbagai tanggapan masyarakat Kepulauan Nias yang berkembang dengan kejadian ini, sebagian mengatakan bahwa dengan hasil seperti ini menunjukkan putra/i Nias belum banyak yg mampu bersaing di kancah nasional oleh karena itu menjadi cambuk bagi kita dan bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kepulauan Nias melalui pendidikan dan ketrampilan. Tapi sebaliknya juga tidak sedikit yang menganggap bahwa kejadian ini akibat ketidakpedulian pimpinan daerah dalam mengutamakan putra-putri daerah demi membangun daerahnya sendiri.
Miris memang, tapi ini sesungguhnya apakah karena kepedulian pemda yang kurang atau merupakan penunjukkan mental masyarakat pulau Nias yang harus “siap menang-siap kalah”?

Berdasarkan penelusuran team kepulauannias.com setidaknya ada 1 temuan yang janggal dimana nomor Peserta 52253034712 atas nama AZMIN SAID TELAUMBANUA tidak terlihat ikut diumumkan namanya sebagai yang lulus untuk formasi Penyuluh Kehutanan (S1Kehutanan). Padahal 2 (dua) orang peserta lain yang nilai testnya lebih rendah dibanding yang bersangkutan telah masuk dalam daftar yang lulus sebagai mana yang ada dalam lampiran SK Bupati.

Awalnya hal ini ditelusuri melalui salah seorang anggota grup fb PNS yang berbagi tentang keganjilan CPNSD Kabupaten Nias Utara. Ternyata setelah diklarifikasi lebih lanjut ke salah seorang yang mengaku sepupunya Azmin said dan hal ini dibenarkannya. “Masak yg peringkat atas gak lulus,malah yg peringkat 3 yg nilainya kecil malah itu yg lulus…tanda tanya besar” tuturnya.

Related

Nias Utara 7067512969345381251

Hot in week

Recent

Comments

item