Sungai Nou Meluap, 50 Rumah Warga Terendam

GUNUNGSITOLI, NBC — Hujan yang mengguyur Kota Gunungsitoli dan sekitarnya mulai sekitar pukul 11.00 hingga sore hari, Rabu (28/8/2013), mengakibatkan Sungai Nou meluap dan puluhan rumah terendam di Jalan Supomo dan Jl. Ampera, Desa Mudik, atau dekat Kantor Wali Kota Gunungsitoli.

Pengamatan NBC, warga yang bermukim di pinggiran Sungai Nou tersebut mulai sibuk memindahkan barang-barang rumah tangga untuk diselamatkan dari genangan air. Banjir mulai meluap sekitar pukul 17.00 dan baru surut sekitar pukul 20.30.

Warga yang ditemui NBC di lokasi banjir di Jl. Supomo merasa khawatir dengan adanya banjir ini sebab ada puluhan rumah yang pemiliknya tidak sedang berada di rumah karena lagi kerja di luar. Kemungkinan peralatan dan kebutuhan pokok akan terendam banjir.
Untuk diketahui, banjir terakhir terjadi di daerah ini pada Desember 2012

BPBD Gunungsitoli Data Rumah Warga
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli Soziduhu Lömbu, yang meninjauh langsung lokasi banjir, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli yang dikoordinasi BPBD tengah mendata semua rumah warga yang baru saja terendam banjir di Jl. Ampera dan Jl. Supomo. Rumah warga yang sudah terendam banjir mencapai 50 unit dan kerugian berupa peralatan rumah tangga.


“Banjir datang akibat hujan deras seharian ini merendam sekitar 50 rumah warga di Jl. Ampera dan Jl. Supomo,” kata Soziduhu.
Tindakan yang dilakukan BPBD, kata Soziduhu, adalah mendata rumah warga sekaligus melihat kerugian yang dialami. Bila perlu, kata Soziduhu, pihaknya akan melakukan evakuasi terhadap warga. “Dari data yang dihimpun di lapangan, kami segera mengadakan rapat koordinasi guna tindakan selanjutnya,” ujar Soziduhu.
Kepada warga yang bermukim di sekitar Sungai Nou, Soziduhu mengimbau, agar selalu waspada mengingat saat ini sedang musim hujan.
Sementara itu, sejumlah warga yang terkena banjir meminta kepada Pemkot Gunungsitoli untuk segera melakukan penanggulangan banjir Sungai Nou yang selalu datang saat hujan lebat. Mereka berharap pemerintah melakukan normalisasi pada sungai sepanjang 12 kilometer tersebut.
“Normalisasi badan Sungai Nou perlu dilakukan agar kami bisa terbebas dari banjir setiap musim hujan,” kata salah seorang warga di Jalan Supomo.  [NDH]

Sumber : NBC

Related

Kepulauan Nias 4217757986746065792

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item