Bupati Adrianus A Gulö Yakin Nias Barat Lolos Pencabutan Status DOB


NIASONLINE, JAKARTA – Bupati Nias Barat Adrianus A Gulö optimistik Kabupaten Nias Barat tidak akan masuk dalam daerah yang terancam dicabut status pemekarannya.

Kepada Nias Online, Bupati Adrianus yakin bahwa poin penilaian pada evaluasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Nias Barat pada tahun ini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.
“Yang disampaikan Mendagri itu adalah penilaian pada tahun 2012. Dan tahun 2013 ini pasti nilai Nias Barat naik,” ujar dia melalui pesan singkat, Selasa (17/9/2013).

Adapun dasar keyakinannya adalah adanya beberapa item yang bisa menambah nilai pada tahun ini. Yakni, ketersediaan kantor Bupati, DPRD, Bappeda, Pekerjaan Umum dan Dinas Pendidikan. Selain itu, juga adanya penyerahan sejumlah aset dari Kabupaten Nias, sebagai kabupaten induk.

“Kita doakan Nias Barat tetap jaya,” kata dia.

Seperti diketahui, pekan lalu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan kemungkinan mencabut status DOB empat daerah yang berdasarkan evaluasi tahun lalu dan tahun ini poinnya di bawah standar.

Selain Nias Barat, tiga daerah lainnya adalah Kabupaten Nduga (Papua), Kabupaten Deiyai, dan Kabupaten Maybrat (Papua).

Keempat daerah itu hanya meraih poin di bawah standar untuk mencapai status sedang atau cukup sebesar 70 poin. Nias Barat tercatat hanya meraih 68 poin, Nduga 65,7 poin, Deiyai 64 poin dan Maybrat 55,7 poin. (EN)


Sumber: NiasOnline

Related

Politik 3139325709761430956

Hot in week

Recent

Comments

item